Senin, 11 Juli 2011

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

NAMA SEKOLAH :
MATA PELAJARAN : Geografi
KELAS : X
SEMESTER : 1 ( satu )
TAHUN PELAJARAN : 2007 / 2008
ALOKASI WAKTU : 2 x 40 menit


I. STANDAR KOMPETENSI
Memahami Konsep, Pendekatan, Prinsip dan Aspek Geografi
II. KOMPETENSI DASAR
Menjelaskan Konsep Geografi
III. MATERI PEMBELAJARAN
- Konsep Geografi
- Pengertian Geografi
- Ruang Lingkup Geografi
- Objek Studi geografi
- Konsep esensial geografi
IV. INDIKATOR
1. Menganalisa konsep geografi dari berbagai referensi
2. Menyimpulkan konsep geografi dalam kajian geosfer
V. METODE PEMBELAJARAN
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab, Studi Pustaka
VI. LANGKAH – LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke-1
- Siswa mengingat kembali pengertian geografi dari berbagai referensi
- Siswa menjelaskan ruang lingkup geografi
- Siswa mencari ilmu-ilmu penunjang geografi dari berbagai referensi
- Siswa mengklasifikasikan objek geografi
- Siswa membuat ringkasan dari materi yang sudah dibahas
Pertemuan ke-2
- Siswa mengungkapkan kembali ruang lingkup geografi
- Siswa mendiskusikan konsep esensial geografi
- Siswa mempresentasikan hasil diskusi
- Siswa menyimpulkan konsep esensial geografi dalam kajian geosfer
- Siswa mengajukan ulangan yang diberikan oleh guru
VII. SUMBER BELAJAR / ALAT / BAHAN
- Alat : Bagan Konsep Geografi

- Sumber Belajar :
1. Marah Uli H. dan Asep Mulyadi (2005). Geografi SMA I, Jakarta : Esis
2. Yulmadia Yulis. (2004) Geografi I SMA, Jakarta : Bumi Aksara
3. Iskandar L. (2004). Geografi I SMA, Bandung : Rosda
VIII. PENILAIAN
1. Tuliskan definisi geografi menurut ikatan geografi Indonesia!
2. Sebutkan dua ruang lingkup geografi!
3. Apa yang dipelajari ilmu geomorfologi?
4. Jelaskan perbedaan objek formal dan objek material geografi!
5. Apa yang dimaksud konsep lokasi pada geografi?
6. Beri contoh konsep aglomerasi dalam kajian geosfer!



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

NAMA SEKOLAH :
MATA PELAJARAN : Geografi
KELAS : X
SEMESTER : 1 ( satu )
TAHUN PELAJARAN : 2007 / 2008
ALOKASI WAKTU : 2 x 40 menit


I. STANDAR KOMPETENSI
Memahami Konsep, Pendekatan, Prinsip dan Aspek Geografi
II. KOMPETENSI DASAR
Menjelaskan Pendekatan Geografi
III. MATERI PEMBELAJARAN
Metode / Pendekatan Geografi
1. Metode / pendekatan keruangan ( spacial approach )
2. Pendekatan kewilayahan
- Pendekatan topic
- Pendekatan aktivitas manusia
- Pendekatan regional
3. Pendekatan ekologi (ecological approach)
IV. INDIKATOR
- Menjelaskan perbedaan metode / pendekatan geografi
- Menerapkan metode / pendekatan geografi dalam mengkaji fenomena geosfer
V. METODE PEMBELAJARAN
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab, Studi Pustaka
VI. LANGKAH – LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke-1
- Siswa mengingat kembali konsep esensial geografi pada materi sebelumnya
- Siswa menggali informasi tentang metode / pendekatan geografi dari bahan-bahan referensi
- Siswa mengkaji perbedaan metode / pendekatan geografi
- Siswa menyimpulkan tiga macam pendekatan geografi
Pertemuan ke-2
- Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pembelajaran minggu sebelumnya
- Siswa mendiskusikan penerapan metode / pendekatan geografio dalam mengkaji fenomena geosfer
- Siswa mempresentasikan hasil diskusi
- Secara berkelompok siswa membuat laporan tentang masalah geosfer (misalnya : sampah di kota Solo) ditinjau dari ketiga pendekatan geografi
- Siswa mengerjakan soal ulangan (post test) tentang materi pendekatan geografi
VII. SUMBER BELAJAR / ALAT / BAHAN
- Alat : Bagan pendekatan geografi, gambar / chart geosfer
- Sumber Belajar : Yusman Hestianto. (2004), Geografi I SMA. Bogor : Yudistira
VIII. PENILAIAN
1. Apa yang dimaksud dengan pendekatan keruangan?
2. Apa yang dimaksud dengan pendekatan kewilayahan, beri contoh!
3. Apa yang dimaksud dengan pendekatan ekologi, beri contoh!
4. Jelaskan penanganan masalah sampah di kota Solo dengan menggunakan pendekatan geografi!


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

NAMA SEKOLAH : MA PPMI Assalaam Sukoharjo
MATA PELAJARAN : Geografi
KELAS : X
SEMESTER : 1 ( satu )
TAHUN PELAJARAN : 2007 / 2008
ALOKASI WAKTU : 2 x 40 menit


I. STANDAR KOMPETENSI
Memahami Konsep, Pendekatan, Prinsip dan Aspek Geografi
II. KOMPETENSI DASAR
Menjelaskan Prinsip Geografi
III. MATERI PEMBELAJARAN
Prinsip-prinsip Geografi
- Prinsip Penyebaran
- Prinsip Interelasi
- Prinsip Deskripsi
- Prinsip Korologi (Keruangan)
IV. INDIKATOR
- Mengidentifikasi Prinsip-prinsip Geografi
- Menjelaskan Perbedaan Prinsip-prinsip Geografi
- Menerapkan Prinsip Geografi dalam Kajian Geosfer
V. METODE PEMBELAJARAN
Ceramah, Diskusi, Studi Pustaka
VI. LANGKAH – LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke-1
- Siswa menyebutkan kembali fenomana geosfer yang pernah diamati di lingkungan sekitarnya.
- Secara individu, siswa menjelaskan prinsip-prinsip geografi dari berbagai referensi
- Secara berkelompok, siswa mengamati fenomena geosfer
- Siswa mendiskusikan contoh nyata dari masing-masing prinsip geografi
Pertemuan ke-2
- Siswa mengungkapkan kembali prinsip-prinsip geografi yang sudah dipelajari sebelumnya
- Secara berkelompok menganalisis bencana alam ( misalnya : tanah longsor, banjir, dsb ) dikaji dari empat prinsip geografi
- Siswa mempresentasikan hasil diskusi
- Siswa menyimpulkan hasil diskusi
- Siswa mengerjakan soal ulangan (post test) yang diberikan oleh guru
VII. SUMBER BELAJAR / ALAT / BAHAN
- Bahan : Gambar-gambar Geosfer
- Sumber Belajar :
 Marah Ali H. dan Asep Mulyadi. (2005). Geografi SMA I, Jakarta, Esis
 Yusman Hestianto. (2004), Geografi I SMA Kelas X. Jakarta, Erlangga
 K. Wardiyatmoko. (2004). Geografi SMA Kelas X. Jakarta, Erlangga
VIII. PENILAIAN
1. Apa yang dimaksud Prinsip Korologi?
2. Jelaskan perbedaaan prinsip interelasi dengan prinsip deskripsi!
3. Beri contoh satu analisa bencana alam dikaji dari ke empat prinsip geografi!



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

NAMA SEKOLAH : MA PPMI Assalaam Sukoharjo
MATA PELAJARAN : Geografi
KELAS : X
SEMESTER : 1 ( satu )
TAHUN PELAJARAN : 2007 / 2008
ALOKASI WAKTU : 2 x 40 menit


I. STANDAR KOMPETENSI
Memahami Konsep, Pendekatan, Prinsip dan Aspek Geografi
II. KOMPETENSI DASAR
Menjelaskan Aspek Geografi
III. MATERI PEMBELAJARAN
Aspek Geografi
- Aspek Fisik (alamiah) : gejala-gejala alam yang timbul
- Aspek Sosial (kehidupan) dengan segala interaksi, penyebaran maupun relasinya.
IV. INDIKATOR
- Mendeskripsikan aspek-aspek Geografi
- Menjelaskan perbedaan aspek fisik dan aspek social geografi
- Memberi contoh aspek-aspek geografi dalam kehidupan sehari-hari
V. METODE PEMBELAJARAN
Ceramah, Diskusi, Penugasan, Studi Pustaka
VI. LANGKAH – LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke-1
- Siswa mengungkapkan kembali objek studi geografi yang pernah dipelajarinya.
- Siswa menjelaskan aspek fisik geografi dari berbagai referensi
- Guru mengadakan tanya jawab mengenai keadaan alam di lingkungan sekitar siswa yang termasuk aspek fisik
- Siswa membuat kesimpulan
Pertemuan ke-2
- Guru mengadakan post test mengenai aspek fisik geografi
- Siswa menjelaskan aspek social geografi dari berbagai referensi
- Siswa menjelaskan perbedaan aspek fisik dan aspek social geografi
- Secara kelompok, siswa mengkorolasikan aspek fisik dan aspek social geografi dari pengamatan gambar geosfer
- Siswa memberi contoh aspek-aspek geografi dalam kehidupan sehari-hari
- Secara individu, siswa membuat laporan pengamatan tentang aspek fisik dan aspek social dilingkungan daerah sekitarnya
- Guru mengadakan post test mengenai aspek geografi
VII. SUMBER BELAJAR / ALAT / BAHAN
- Alat : Gambar Geosfer
- Sumber Belajar :
 Marah Ali H. dan Asep Mulyadi. (2005). Geografi SMA I, Jakarta, Esis
 Yulmadia Yulir. (2004). Geografi I SMA, Jakarta, Bumi Aksara
VIII. PENILAIAN
1. Terdiri dari apa sajakah aspek geografi?
2. Jelaskan perbedaaan aspek alamiah dengan aspek social geografi!
3. Beri contoh unsur-unsur aspek alamiah!
4. Beri contoh unsur-unsur aspek social!
5. Jelaskan hubungan aspek fisik dengan aspek social geografi!

1 komentar:

ANDY mengatakan...

perbanayakan materix mas

Posting Komentar

 
Template by : Boedy Template | copyright@2011 | Design by : Boedy Acoy